Minggu, 05 Juni 2016

Jangan Remehkan MOOD SWING

 Mood Swing adalah suatu keadaan dimana terjadi fluktuasi atau perubahan kondisi emosi seseorang baik fisik maupun psikis dalam keadaan tertekan. Dalam keadaan ini terjadi perubahan perasaan pada seseorang secara tak menentu dan sering berubah-ubah dalam waktu yang  relatif singkat. Terkadang pula membuat kita tidak nyaman untuk melakukan apapun.
Mood Swing dapat diderita oleh semua orang, baik pria maupun wanita, orang tua, dewasa, dan juga anak-anak. Bahkan, kasus pada anak-anak dirasa cukup kompleks. Perubahan suasana hati yang dialami anak-anak kadang muncul secara internal dari dalam diri, tanpa dipengaruhi lingkungannya. Beberapa tingkatan mood swing anak adalah sebagai berikut:
Ø  Sedang – terjadi perubahan suasana hati sepanjang hari, pergantian dari perasaan marah dan senang terjadi dalam kurun waktu beberapa jam.
Ø  Parah – perubahan suasana hati yang cepat dan hampir sepanjang waktu. Dengan intensitas perubahan suasana hati yang tidak bergantung pada situasi.
Ø  Ekstrim – perubahan suasana hati terjadi secara konstan, dalam hitungan menit. Suasana hati sulit diidentifikasi, meledak-ledak dan tidak bergantung pada situasi.
Wanita biasanya lebih sering mengalami keadaan ini, meskipun tidak sedikit pula dialami oleh pria. Keadaan ini tidak terkait dengan umur, namun terdapat banyak factor-faktor penyebab yang mendorong munculnya keadaan semacam ini. Beberapa faktor yang mungkin saja menjadi penyebab terjadinya perubahan suasana hati pada rentan waktu yang singkat ini adalah sebagai berikut:
1.    Sering terjadi pada wanita
Pada tahap pra menstruasi, hormon estrogen dan progesteron pada wanita akan meningkat,hal tersebut berkaitan pula dengan peningkatan serotonin, dimana sistem serotonergik memainkan peran penting dalam meregulai mood, tidur, aktivitas seksual, makan dan kemampuan kognitif.
Karena itu gejala mood swing merupakan salah satu efek samping yang wajar dialami wanita yang sedang dalam masa pra menstruasinya. Suasana hati cenderung akan lebih labil dan sensitive di masa-masa itu.
2.Kelelahan
Keadaan fisik sangat memengaruhi keadaan psikis seseorang. Faktor kelelahan tubuh dapat menjadi pemicu pergolakan mood seseorang. Sebagai contoh adalah saat kita sedang bersenang-senang bersama teman untuk berlibur dengan mendaki gunung, perjalanan yang melelahkan akan dengan mudah mengubah cuaca hati kita yang awalnya senang menjadi marah, mengeluh dan sedih.
3 .Kurang tidur
Seperti efek dari kelelahan, tubuh yang terus-menerus dipaksa untuk terjaga akan mudah mengalami mood yang buruk. Ketika tidur, tubuh terprogram untuk menghapus memori-memori buruk atau yang tidak penting yang telah dialami sepanjang hari. Dengan kurang tidur, kita akan merasa sangat lelah dan penat. Sehingga suasana hati kita akan menjadi labil.
4. Keinginan yang tidak terpenuhi
Ketika kita melakukan sesuatu, kita pasti menetapkan standar harapan yang ingin dicapai dari usaha yang kita lakukan. Ketika ternyata apa yang kita dapat jauh dari harapan yang kita tetapkan, sangat mungkin hal itu menjadi sebuah alasan kuat untuk kita menjadi badmood secara tiba-tiba. Sebagai contoh kita telah semalaman belajar untuk ujian esok harinya, namun saat hari itu tiba, secara mendadak dosen mengganti agenda perkuliahan dengan presentasi. Secara cepat pula suasana hati kita saat itu pasti berubah.

5.Perubahan cuaca secara tiba-tiba.
Ketika kita sedang asyik nya berjalan-jalan disebuah taman kota atau kebun binatang,  tiba-tiba hujan deras turun dan mengubah semua rencana kita dihari tersebut. Maka, berubah pula lah suasana hati kita saat itu. Hal itu membuktikan bahwa cuaca pun memengaruhi perubahan suasana hati seseorang.
            Penyebab-penyebab mood swing telah kita ketahui, namun mungkin kita bertanya-tanya apakah mood swing adalah sebuah fenomena yang wajar terjadi ataukah sesuatu yang harus dihilangkan? Ternyata mood swing merupakan salah satu indikasi kelainan psikis bipolar, dimana penderita akan mengalami perubahan suasana hati yang sangat ekstrim. Maka dari itu jangan anggap remeh mood swing karena jika kita terbiasa melakukannya maka intensitasnya akan semakin tinggi dan bisa menjurus pada bipolar.
            Selain itu, orang dengan kebiasaan buruk ini kurang dapat diterima dan menerima orang lain, perasaannya yang terlalu sensitif terkadang membuat hubungan sosial dengan orang lain berjalan kurang harmonis. Dia akan lebih mudah marah saat orang lain mengusik hatinya, atau dia kurang setuju dan menjadi badmood jika pendapat dan argumennya disanggah.
            Oleh karena itu, baiknya kita mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Beberapa hal dapat dilakukan untuk menangani hal ini, seperti
·         Mengendalikan diri dengan hal-hal yang anda sukai disaat-saat tak terduga, misalnya mengonsumsi makanan-makanan lezat yang anda sukai saat anda mendapat pengalaman buruk. Hal tersebut dapat meningkatkan rasa nyaman dan menyenangkan sehingga kita terhindar dari suasana hati yang buruk.
·         Berolahraga
Kebiasaan olahraga rutin, misalnya jalan pagi 30 menit setiap hari, berenang, sepak bola, dll dapat membuat suasana hati menjadi bagus dan juga berpengaruh baik bagi orang yang mengalami mood swing, karena ketika kita rajin berolahraga kita akan sering mengalami keadaan dengan adrenalin tinggi, hal itu dapat dianalogikan oleh tubuh saat kita mengalami adrenalin tinggi, sama seperti saat marah atau gugup. Sistem pernafasan kita yang sudah terbiasa akan hal itu dapat membuat kita menjadi lebih tenang.
·         Dengan menenangkan diri
Melakukan aktivitas-aktivitas yang membuat diri menjadi tenang seperti meditasi dan yoga pun dapat menjadi alternatif cara penanganan mood swing karena ketika kita rutin melakukan hal tersebut kita akan mengalami mengendalian diri yang baik.
·         Dengan berjalan-jalan atau melakukan hobi
Melakukan hal-hal yang kita sukai terbukti dapat meningkatkan mood seseorang. Dengan melakukan hobi yang kita gemari atau berjalan-jalan ketempat-tempat yang menyenangkan dapat memerbaiki suasana hati kita.
            Demikianlah hal-hal yang berkaitan dengan mood swing atau suasana hati yang berubah-ubah dalam waktu singkat. Perlunya kesadaran diri dan kemauan dari dalam diri untuk memerbaiki sifat tersebut, karena suasana hati yang baik akan berpengaruh pula terhadap tubuh dan segala aktivitas yang dilakukan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar