Minggu, 05 Juni 2016

Kuliah Umum Bahasa Indonesia, Konservasi Berbasis Keilmuan


Minggu 5 Juni 2016, terlihat sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang mengambil Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia, yang kira-kira berjumlah 200an berkumpul di PKMU pusat Unnes demi melaksanakan kuliah umum Bahasa Indonesia, dengan judul “KONSERVASI BERBASIS KEILMUAN”. Dimana dalam kuliah  umum tersebut, satu mahasiswa dari tiap-tiap rombel yang karya Ilmiah berupa artikel populer dengan tema Konservasi Berbasis Keilmuan, mempresentasikan Karya Ilmiah-nya.
Senyum mengembang dari setiap wajah mahasiswa, serta dosen pengampu yang bernama Diyamon Prasanda, M.pd. Dengan penuh semangat, peserta, panitia dan Bapak Diyamon hadir dalam acara tersebut. Pukul 08.00 acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Tilawah pun turut serta dibacakan dalam pembukaan acara tersebut. Kemudian ketua panitia, saudara Kukuh Prasetyo menyampaikan laporan acara.
Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sambutan Bapak Diyamon Prasanda. Beliau mengatakan tentang tujuan dan kompetensi-kompetensi dari perkuliahan Bahasa Indonesia yang mengharapkan mahasiswa melakukan hal-hal berikut,
·         Memiliki rasa syukur dan bangga terhadap bahasa Indonesia sebagai perwujudan jiwa nasionalisme untuk menjaga keutuhan NKRI
·         Memahami kaidah penggunaan bahasa Indonesia dalam penulisan karya ilmiah
·         Terampil menggunakan bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar,dan menyajikan informasi melalui penulisan karya ilmiah.
Beliau berharap, para peserta kelas Bahasa Indonesia, mampu menjadi mahasiswa yang paripurna dan akhirnya terampil dalam menggunakan bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi.
Kuliah umum bahasa Indonesia ini, memiliki tidak hanya Presentasi Karya Ilmiah, beberapa mata acara yang disajikan, antara lain: Presentasi Karya Ilmiah, Penganugrahan Mahasiswa, Pentas Seni dan Ikrar Paripurna Mahasiswa.
            Lima mahasiswa yang karya Ilmiahnya terpilih adalah,
1.      Mohammada Sabiq Septian
2.      Izzatur Rosydiah
3.      Catur Putra Adyanto
4.      Lidya Arystiani
5.      Ibnu Fazrur Rahman
Masing-masing mahasiswa tersebut mempresentasikan artikel ilmiah populer mereka, yang berbasis dari konsentrasi jurusan dan program studi yang mereka pelajari. Sangat jelas terlihat antusiasme peserta dalam menyimak penjelasan dan penuturan para penyaji. Sesi Tanya jawab pun dibuka bagi para peserta yang masih kurang jelas tentang apa yang dipresentasikan.
Tidak lupa pula, pentas seni dari masing-masing rombel turut memeriahkan dan meramaikan panggung acara tersebut. Mulai dari akustik, tari modern, dan berbagai hiburan lain menambah semangatnya peserta mengikuti kegiatan ini.
            Selepas itu, acara penganugrahan mahasiswa dimulai, mahasiswa yang namanya masuk sebagai pemenang atau terbaik, layak mendapat penghargaan dan bahkan pula piala. Penghargaan tersebut pun terdapat dalam berbagai katerogi, seperti kategori debat terbaik, pada kuliah sebelumnya di kelas, kategori peserta dengan Karya Ilmiah terbaik, dan bahkan peserta yang datang paling awal. Penghargaan dan apresiasi terhadap mahasiswa pun menambah semarak dan sukacita bagi semua mahasiswa.
            Acara yang terakhir adalah Ikras Paripurna Mahasiswa dengan dipimpin oleh saudara Afif Muhsinin.
Demikianlah rangkaian acara kuliah umum MKU Bahasa Indonesia, oleh mahasiswa Unnes. Diharapkan acara ini memotivasi pembaca untuk semakin giat dan senang memelajari Bahasa Indonesia dan menjadi terampil berkomunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar